Program Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia

1782
  1. Meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan al-Islam, sehingga menumbuhkan pemikiran dan perilaku yang Islami.
  2. Memantapkan Rencana Induk Pengembangan Umat (Master Plan) dengan menjabarkannya dalam program pelaksanaan secara bertahap, dan memasyarakatkannya kepada seluruh kelompok ummat Islam Indonesia, sehingga dicapai kesamaan persepsi dan kesatuan langkah.
  3. Menata kembali mekanisme da’wah ummat Islam Indonesia, sehingga dicapai kesamaan persepsi dan kesatuan langkah.
  4. Menumbuhkan dan mengembangkan kepemimpinan ummat yang mantap, baik kedalam maupun keluar.
  5. Mempersiapkan, menumbuhkan dan mengembangkan generasi muda Islam yang tangguh yamg beraqidah Islamiyah.
  6. Mengembangkan upaya ukhuwah Islamiyah antar lembaga dengan startegi pendekatan integratif berdasarkan ketangguhan berakidah dan menjauhkan sikap isolatif. Perbedaan antar sesama muslim harus diterima dengan jiwa dan semangat ukhuwah dengan tidak bersifat antagonistik.
  7. Mengembangkan segala sumber daya dan dana bagi kepentingan ummat, dengan memanfaatkannya secara kreatif dan efektif.
  8. Mengusahakan terbentuknya satuan-satuan jaringan informasi sebagai pusat pengembangan dan penyebaran informasi bagi organisasi-organisasi dan kegiatan-kegiatan sosial Islam.
  9. Mengembangkan media komunikasi massa yang berkualitas dan dapat menjangkau di segala lapisan.
  10. Memanfaatkan secara optimum semua sarana yang ada atas dasar peraturan dan hukum positif serta lembaga-lembaga yang ada secara selektif, baik pemerintah maupun swasta, untuk kepentingan ummat.