Prof. KH Didin Hafidhuddin : Berqurban, Mendekatkan Diri kepada Allah dan kepada Sesama Manusia

77

Prof. KH Didin Hafidhuddin
(Pembina Dewan Dakwah)

“Orang yang berqurban adalah orang yang ingin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT sekaligus mendekatkan dirinya kepada sesama manusia.

Saking pentingnya penyembelihan hewan qurban ini sampai Rasululullah saw menyatakan bahwa siapa saja yang mempunyai kemampuan (keleluasaan untuk membeli seekor kambing) lalu tidak berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami. Juga sabdanya bahwa tidak ada amalan manusia pada Hari Raya Adha yang lebih dicintai Allah, selain mengalirkan darah hewan (maksudnya : menyembelih hewan kurban).

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah shalat Idul Adha, atau tanggal 11, 12 sampai dengan tanggal 13. Ketiga hari terakhir ini disebut dengan hari tasyriq yang berarti “hari yang berlimpah dengan daging”.
Setelah disembelih, daging hewan langsung diberikan kepada golongan fakir miskin yang mungkin dalam kesehariannya tidak mempunyai kemampuan untuk mengonsumsi daging, karena di luar jangkauan daya beli mereka.

Apabila di daerah orang yang berqurban masyarakatnya sudah terbiasa mengkonsumsi daging, maka boleh saja hewan tersebut disebarkan ke daerah-daerah yang betul-betul membutuhkannya.”

Mari salurkan qurban Anda melalui Program Qurban Multi Manfaat LAZIS Dewan Dakwah.***amri/sumber: laznasddii

khdidin