Pelantikan Pengurus Dewan Da’wah Kabupaten Bandung dan Sukabumi

679

Pada hari Ahad (6/7/2014) bertepatan dengan 8 Ramadhan 1435 bertempat di Sekretariat Dewan Da’wah Kab. Bandung, Masjid Az-Zahra, Kutawaringin, Soreang Kab. Bandung, Ketua Dewan Da’wah Jabar, KH. Bahrul Hayat, MA melantik Pengurus Dewan Da’wah Kabupaten Bandung masa jihad 2014-2017.

Suasana Pelantikan Pengurus Dewan Da'wah Kab. Bandung
Suasana Pelantikan Pengurus Dewan Da’wah Kab. Bandung

Drs.KH.Chaerul Rofi,M.Ag yang diberi amanah sebagai Ketua Dewan Da’wah Kab. Bandung, dalam sambutannya mengatakan bahwa Dewan Da’wah khususnya yang di Kabupaten Bandung harus segera bangkit guna menyambut tantangan da’wah yang ada. Ia menambahkan jika pegiat da’wah di lingkup Kab.Bandung masih “tidur” maka harus segera dibangunkan untuk menyongsong dakwah yang semakin kompleks.

“Tantangan dakwah dewasa ini semakin berat dan komplek baik yang bersifat internal maupun eksternal. Untuk itu kita perlu bekerja sama dengan elemen dakwah yang ada termasuk dengan pihak pemerintah setempat,”ungkapnya.

Sementara itu ustad Daud Gunawan selaku Ketua Majelis Syuro Dewan Dakwah Jabar dalam sambutannya mengatakan bahwa apapun resikonya dan seberat apapun medan dakwah maka tantangan dakwah harus di sambut dan dijawab dengan gembira. Sebab,sambungnya, tugas dakwah adalah profesi mulia yang merupakan warisan para nabi dan Rasul.

“Paham dan aliran sesat yang menyesat saat ini harus diluruskan dan disadarkan dengan cara yang ma’ruf. Namun jika mereka tetap bandel dengan kesesatannya dan menyebarkan kepada kepada orang lain maka harus dilawan dengan jihad,”ungkapnya semangat.

Ustad Daud menambahkan bahwa slogan “Selamatkan Indonesia Dengan Dakwah” yang dicanangkan Dewan Dakwah adalah rangka menyelamatkan penduduk Indonesia dari azab Allah. Sebab,sambungnya meski Indonesia yang mayoritas beragama Islam namun jika tidak melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar maka tidak mustahil Allah akan mengazab.

Sementara itu Ketua Dewan Dakwah Jabar,KH.E.Bahrul Hayat,MA dalam sambutannya juga mengingatkan bahwa hanya orang-orang yang ikhlas dan mencari ridho Allah yang mau menyambut serta bersedia mengerjakan panggilan dakwah.

“Sebenarnya menjadi dai itu tidak perlu dilantik,karena menjadi dai itu seruan Allah maka SK nya juga dari Allah. Menjadi dai sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk melanjutkan risalah para nabi dan rasul,”ustad Bahrul mengingatkan.

Meski demikian ia juga mengingatkan bahwa membangun dan menghidupkan dakwah harus disinergikan dengan elemen dakwah lainnya termasuk dengan unsure pemerintah yang ada. Hal ini menurutnya agar dakwah semekin meluas,efektif dan permasalah dakwah menjadi tanggaung jawab bersama,bukan hanya masalah bagi ormas tertentu saja.

Acara pelantikan yang digealr secara sederhana dan hikmat tersebut dihadiri perwakilan ormas Islam dan unsur Muspika Kab.Bandung.

Sebelumnya Dewan Da’wah Jawa Barat juga telah melantik Pengurus Dewan Da’wah Kabupaten Sukabumi berlangsung di Kampus Yayasan Al Ummah (26/6/2014) yang dihadiri sekitar 100 orang dan yang melantik pengurus yang hadir pada kesempatan tersebut adalah KH Bahrul Hayat dan sebelumnya dibacakan Surat keputusan yang bernomor 51/S.KP/DJB/VI/1435H/2014M yang dibacakan oleh sekum, Ustad Roinnul Balad.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Da’wah Propinsi Jawa Barat KH Bahrul Hayat menegaskan bila kepengurusan yang dilantik ini hendaknya bekerja secara optimal di dalam menjalankan dakwah yang ada. KH Bahrul mengatakan pula segenap komponen pengurus khususnya para dai yang ada hendaknya Pengurus DDII Kabupaten Sukabumi Dilantik .

SUKA 3Ketua Dewan Da’wah Kabupaten Sukabumi yang dilantik adalah KH Drs Hamdan Alawi, Sekretaris, Agus Amd, SPdi dan bendahara, H. Endan Muhtar. Dalam sambutannya, Hamdan mengatakan dirinya merasa bersyukur bila ada lembaga seperti Dewan Da’wah Sukabumi hadir menangani persoalan Kristenisasi yang terjadi di Cikembar, Sukabumi.

“Saya mengajak seluruh pengurus untuk bisa bekerja secara baik di dalam menjalankan roda organisasi,” pintanya.

Pada kesempatan itu pula, Sekum dewan Da’wah Jawa Barat, Ustad Roinnul Balad mengungkapkan bila di Kabupaten Sukabumi sendiri telah ada Akademi Da’wah Indonesia Al Bukhori, Sukabumi yang mendidik para dai yang siap diterjunkan di daerah Sukabumi dan kampusnya terletak di kampung Cisitu RT 16/06 Desa Sukamulya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi 43154.Juga pada acara itu BAZNAS Kabupaten Sukabumi yang diketuai oleh KH Mustofa Kamal sekaligus menjadi anggota Majelis Syuro Dewan Da’wah Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan untuk kegiatan Dewan Da’wah Kabupaten Sukabumi.

Dalam acara pelantikan tersebut hadir pula, Ketua Mejelis Syuro DDII Jabar, KH Muhsin MK, Ustad Herman, Dai yang cermah di Lapas-Lapas dan segenap undangan yang hadir dan dengan dilantiknya pengurus Dewan Da’wah Kabupaten Sukabumi diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi umat di sana khususnya dalam kegiatan dakwah yang dilakukan disana.***[WI-002 / 003] ed : am