LAZIS Dewan Da’wah Bantu Korban Longsor Sumedang

313

Guyuran hujan lebat sejak Selasa (20/9) petang hingga jelang tengah malam di Kabupaten Sumedang, mengakibatkan longsor di Desa Sukajaya, Ciherang dan Kelurahan Pesanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan. Longsor melanda Kampung Cisingkup, Pasir Ucing, Ciherang, Cimareme, Babakan Gunasari, dan Kampung Cisurup.

Menurut BPBD Sumedang, longsor mengakibatkan 3 rumah dan 1 mushola hancur serta 200 rumah terdampak di Dusun Ciherang, dan 2 rumah tertimbun di Kampung Cimareme.

Hingga Ahad (25/9) korban tewas longsor empat orang. Dua warga lainnya luka ringan, dan ratusan keluarga menjadi pengungsi.

Berdasarkan informasi dari pejabat Dinas Sosial Kab Garut yang mendampingi Tim LAZIS Dewan Dakwah pada Sabtu (24/9), jumlah pengungsi ke GOR Tedjamalela mencapai 680 jiwa. Sedang di pos pengungsi Kodim 0610 Sumedang sekitar 500 orang.

Dengan didampingi Tim Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Kab Sumedang, LAZIS Dewan Dakwah juga membesuk para korban yang tengah merapikan kediamannya yang disapu banjir longsor.

Tim LAZIS Dewan Dakwah yang dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif Ade Salamun, menyampaikan bantuan awal untuk pengadaan logistik di pengungsian seperti kasur dan perlengkapan sekolah untuk anak anak.

Bantuan secara simbolis diterima antara lain oleh Ny Nenden Dewi, Kepala Desa Sukajaya, yang ratusan warganya turut menjadi korban longsor dan banjir.[nurbowo]

lazis sumedang