Diduga Berbahan Babi, Negara Muslim Lakukan Tes pada Produk Cadbury

1547

cadburyDewanDakwahJabar.com — Setelah Malaysia dan Indonesia, pada Minggu (1/6/2014), pihak berwenang pemerintah Arab Saudi sedang menguji cokelat yang dibuat perusahaan Inggris, Cadbury, yang diduga mengandung DNA babi.

Setelah produk serupa ditarik dari Malasyia karena melanggar standar halal, Saudi Food dan Drug Authority mengambil sampel dari pasar lokal untuk menguji kontaminasi tersebut.

Seperti dilansir Reuters, pemerintah negara yang berpenduduk Islam itu akan bertindak tegas jika cokelat tersebut terbukti mengandung babi.

Terungkapnya bahan babi pada cokelat Cadbury di Malasyia mengundang kemarahan di kalangan beberapa kelompok muslim di negara itu. Mereka telah memboikot semua produk yang dibuat oleh perusahaan produksi cokelat tersebut, Mondelez International Inc.

Pihak berwenang Malaysia telah menyatakan bahwa masih belum jelas apakah kontaminasi dari cokelat batangan Dairy Milk merupakan bahan untuk membuat cokelat atau terpengaruh dari faktor eksternal yang tidak disengaja.

Cadbury di Malaysia telah ditarik dari pasar sebagai tindakan pencegahan. Mereka belum memastikan apakah produk dari perusahaan yang sama mengandung DNA babi atau tidak.

“Kami mempunyai sertifikasi halal dan memiliki tingkat standar tertinggi terhadap label produk,” kata pemerintah Malasyia.

Sementara, pada hari Jumat, pemerintah Indonesia yang juga memiliki penduduk mayoritas Islam sedang menguji produk cokelat Cadbury untuk memastikan apakah memenuhi standar dalam Islam atau tidak.

Informasi dari MUI

Isu beredarnya Coklat Cadbury yang mengandung babi di Malaysia menjadi perhatian konsumen muslim di Indonesia. Berdasarkan informasi dan berita tersebut maka LPPOM MUI sebagai Lembaga Sertifikasi Halal di Indonesia menginformasikan bahwa :
1. LPPOM MUI belum mendapatkan konfirmasi langsung dari pihak Malaysia dan JAKIM sebagai lembaga Sertikasi Malaysia serta PT. Cadbury Indonesia
2. Adapun coklat Cadbury yang telah mendapat Sertifikasi Halal oleh MUI a.n. PT. Cadbury Indonesia adalah :

a) Cadbury Dairy Milk (Milk Chocolate)

b) Cadbury Dairy Milk Cashew & Cookies
c) Cadbury Dairy Milk Caramello
d) Cadbury Dairy Milk Panned Assortment
e) Cadbury Dairy Milk Panned Almond Nuts
f) Cadbury – Choclairs Caramel
g) Cadbury Dairy Milk Fruits and Nuts
h) Cadbury Dairy Milk Black Forest
i) Cadbury Dairy Milk Rolls (Milk Chocolate Bite Sized)
j) Cadbury Hot Chocolate Drink 3 in 1

Dua produk Cadbury yang terindikasi positif jejak DNA Babi oleh Departeman Kesehatan Malaysia, yaitu Cadburry Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond, tidak termasuk dalam produk yang mendapat Sertifikasi dari LPPOM MUI. ***