Published On: Tue, Feb 7th, 2012

Apa dan Mengapa Ada Aliran Sesat

Untuk mengidentifikasi gerakan aliran sesat, ada beberapa kriteria yang disusun oleh MUI, diantaranya:

1.Mengingkari salah satu Rukun Iman dan Rukun Islam
2.Meyakini atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i
3.Menyakini turunnya wahyu setelah al-Quran
4.Mengingkari autentitas dan kebenaran al-Quran
5.Mengingkari kedudukan hadist Nabi sebagai sumber ajaran Islam
6.Menghina, melecehkan atau merendahkan Nabi dan Rasul terakhir
7.Mengubah, menambah dan mengurangi pokok-pokok ibadah sesuai syariat
8.Mengkafirkan seorang muslim tanpa dalil syar’i
MENGAPA ALIRAN SESAT ITU MUNCUL?
Paling tidak masalah ini timbul oleh 6 hal, 5 diantaranya yaitu: ideologis, politis, sosial, ekonomi dan pemahaman agama yang lemah.
Namun begitu, tentu saja untuk menghadapi hal tersebut tetap harus dilakukan secara komunal tanpa harus memilah-milah mana yang jadi prioritas.  Artinya, semua bidang harus ditangani agar persoalan yang dihadapi dapat diatasi secara tuntas
Faktor Ideologis lebih bertumpu kepada kepentingan pola keyakinan dan pemahaman yang dimiliki oleh pihak-pihak tertentu atau perseorangan. Dari kasus-kasus yang terjadi, aliran-aliran sesat yang mengambil faktor ini lebih berdasarkan kepada budaya lokal, di mana berbaur dengan peribadatan tertentu seperti aliran kebatinan dan kepercayaan yang dianut masyarakat dalam suatu daerah seperti Sunda Wiwitan,  Agama Karuhun atau yang lainnya.
Faktor Politis, hal ini juga menjadi pemicu terjadinya aliran sesat di berbagai tempat baik lokal, nasional ataupun internasional. Dua aliran sesat yang terkait persoalan ini adalah Ahmadiyah dan LDII. Juga yang menjadi sorotan semua pihak adalah NII KW IX.
Faktor Ekonomi, banyaknya aliran sesat yang muncul terkadang mengeksploitasi persoalan ekonomi, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok.  Seperti, Dana Hijrah, Sodaqoh Dosa atau yang semacamnya.
Faktor Sosial, munculnya aliran sesat pun bisa disebabkan oleh masalah sosial akibat frustrasi dengan beban yang diderita maka orang mengambil jalan pintas mengambil pemahaman untuk bisa hidup mudah yaitu dengan menyimpangkan ajaran agama dengan pemahaman yang serampangan.
Faktor pemahaman agama yang lemah, karena dengan pemahaman agama yang lemah tentu saja orang akan begitu mudah menafsirkan al-Quran atau al-Hadist sesuai keinginan sendiri sehingga menimbulkan sebuah kesesatan.

Faktor-faktor inilah yang semestinya tetap diperhatikan walaupun faktor lain ada yang tak bisa dikesampingkan. Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan hal-hal ini untuk menangkal aliran-aliran sesat yang tumbuh di wilayah Jawa Barat ini.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>