Ahmad Heryawan Resmikan Masjid Al Jabbar ITB Jatinangor

809

masjid itb jatinangorGubernur Provinsi Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher dan Rektor ITB, Prof. Akhmaloka meresmikan Masjid di kampus ITB Jatinangor dan beberapa sarana penunjang akademik lainnya.

Menurut Rektor ITB, pembangunan kampus ITB Jatinangor yang dimulai di tahun 2010 telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satu sarana hasil kerjasama ITB dengan Pemprov Jabar adalah masjid kampus ITB Jatinangor.

Di hari peresmian masjid, diresmikan pula nama masjid yang disepakati bernama Al-Jabbar. Al-Jabbar diambil dari nama salah satu Asmaul Husna yang berarti Yang Maha Besar. Selain itu menurut Aher sendiri sendiri, Al-Jabbar memiliki makna lain.

Dalam bahasa matematika kata Al-Jabbar dekat dengan Aljabar yang merepresentasikan kampus ITB sebagai kampus teknologi yang sangat dekat dengan kegiatan berhitung. Lalu, Al-Jabbar juga sangat dekat dengan akronim Jabar yang berarti masjid tersebut terletak di Jawa Barat.

“Keberadaan masjid mutlak adanya di dalam wilayah pendidikan. Masjid hadir untuk membangun keseimbangan rohani dan jasmani manusia. Masjid juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan bangsa melalui pengembangan generasi muda di wilayah pendidikan”, jelas Ahmad Heryawan***AM/alhikmah/itb