Ahmad Heryawan dan Ridwan Kamil Ikut Aksi Aksi Long March Kutuk Israel

517

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil bergabung bersama ribuan massa dalam rangka aksi demo mengutuk kebiadaban zionis Israel terhadap rakyat Palestina, Minggu 13/7. Aksi turun ke jalan yang digerakkan oleh Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Jawa Barat ini merupakan aksi solidaritas atas penderitaan rakyat Palestina yang dibantai secara membabi buta oleh zionis Israel.

Gubernur Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher menyatakan kebiadaban Israel adalah sebuah bukti kezaliman manusia diatas manusia lain. Tindakan melampaui batas ini harus dihentikan dengan segala upaya. Kota Bandung merupakan kota bersejarah yang melahirkan deklarasi Asia Afrika yang bertujuan menciptakan kemerdekaan bagi bangsa-bangsa Asia Afrika. Semangat ini sangat penting digelorakan kembali untuk membebaskan bangsa Palestina dari penjajahan dan kebiadaban Israel. “Palestina yang dulu sebagai negara merdeka dan mempunyai wilayah berdaulat yang luas, saat ini dicabik-cabik oleh penjajah Israel. Kita harus ikut turun tangan untuk menghapuskan penjajahan di muka bumi ini, seperti yang diamanahkan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945”, tegasnya.

Aher juga menghimbau kepada seluruh rakyat Jawa Barat untuk turut peduli dengan senantiasa memanjatkan doa agar bangsa Palestina segera merdeka dan terbebas dari segala penderitaan kekejaman bangsa penjajah Israel. Selain itu pihaknya juga berharap agar masyarakat Indonesia turut peduli meringankan derita rakyat Palestina dengan mengirimkan bantuan obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang saat ini sedang dibutuhkan oleh rakyat Palestina.

Sementara itu di tempat yang sama Walikota Bandung Ridwan Kamil menambahkan bahwa Palestina merupakan salah satu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan RI. Saat saudara kita mengalami penderitaan, kita sebagai bangsa yang besar harus turut merasakan penderitaan itu dengan berupaya membantu sekuat tenaga untuk meringankan penderitaan bangsa Palestina. “Bangsa Indonesia sudah membangun rumah sakit di Gaza, maka kita harus tingkatkan lagi kepedulian kita untuk membantu mereka”, imbuhnya.

Aksi long march peduli Palestina ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat diantaranya Forum Silaturahim Ummat Islam Jawa Barat (FSOI), elemen mahasiswa, ormas kepemudaan, paguyuban, dan tokoh masyarakat. Aksi ini dimulai dari masjid Pusdai Jabar melewati Gedung Sate menuju Jalan Juanda, Jalan Merdeka dan berhenti sebentar untuk orasi dan penggalangan dana di depan Bandung Indah Plaza (BIP). Sepanjang jalan yang dilewati juga dilakukan himbauan kepedulian dari dua mobil komando yang dilengkapi dengan seperangkat pengeras suara. Aksi simpatik di tengah bulan Ramadhan ini juga diikuti oleh anak-anak, bahkan tampak beberapa balita turut digendong mengikuti aksi ini. Sepanjang jalan juga dilakukan penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina oleh KNRP. *